Monday - Saturday, 8AM to 10PM
Call us now +62 852-5771-7083

PEMBERIAN OBAT CACING PADA ANAK USIA DINI

Pemberian obat cacing ini dilaksankan di posyandu, sekolah PAUD, TK, dan SD. Pemberian obat cacing dilakukan pada anak yang sudah diatas 1 tahun. Obat cacing  Albendazole diberikan dengan tujuan mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak. Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutris dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti defisiensi zat besi, anak kurang gizi, bahkan tumbuh kembang anak menjadi lambat bahkan terlambat.

Sedangkan obat cacing Diethyl Carbamazine Citrat atau yang lebih dikenal dengan DEC diberikan pada anak usia 2 tahun keatas dengan tujuan mencegah dan membasmi penyakit kaki gajah (Eliminasi Filiaris). Kaki gajah ini disebabkan oleh cacing nematode yang merupakan salah satu penyakit endemi tinggi di Indonesia. Dengan pemberian obat ini maka dapat membersihkan cacing di darah dan bahkan mencegah penyebaran pada orang lain.

Penyakit cacingan jadi salah satu hal paling ditakutkan orang tua terjadi pada anak-anaknya. Cacing yang tumbuh dalam tubuh anak bisa menyerap nutrisi dan membuat anak jadi lemas, pertumbuhannya tak berjalan baik dan berdampak negatif pada konsentrasi serta prestasinya di sekolah. Gejala infeksi cacing bisa ringan hingga berat. Pada infeksi cacing ringan, gejalanya cenderung tidak tampak. Gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar. Selain itu dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi, serta gangguan tumbuh kembang.

Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
SULISTYOWATI, S.Pd.SD

Selamat Datang di Website Resmi SDN Somowinangun Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah…

Jajak Pendapat

“Menurut Anda, bagaimana pelayanan konten yang ada di website kami?”

Iklan
Unisla